Total Tayangan Halaman

Senin, 01 April 2013

Manajemen

Pengertian Managemen dan Administrasi Pendidikan 

            Manajemen dalam bahasa Perancis kuno berarti “Menagement” yang artinya seni ,mengatur dan melaksanakan. Manajemen dalam Bahasa Latin, “manus” artinya “tangan”, “manage” berarti “memerintah, mengendalikan kuda”. Dalam Bahasa Indonesia, istilah manajemen sering diterjemahkan dengan kepemimpinan, ketatalaksanaan, penguasaan, pengurusan.
Menurut Ricky W. Griffin manajemen adalah proses perencanaan , pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumberdaya untuyk mencapai sasaran yang efektif dan efisien.
Menurut James A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi danmenggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut Agung Wijaya manajemen adalah seni kreatifitas untuk mengatur orang yang dilaksanakan secara se-efektif dan se-efisien mungkin, untuk memperoleh target yang telah disepakati.
Manajemen adalah bagian dari administrasi.

Administrasi berasal dari bahasa latin: Ad artinya intensif dan ministrare artinya melayani, membantu, memenuhi, mengatur suatu tujuan.
Administrasi adalah suatu keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang mengadakan kerja sama didasarkan atas rasional letak tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. (Simon,1958)
Menurut Agung Wijaya, administrasi adalah pengarah yang efektif kepada suatu kerjasama antara dua orang atau lebih yang telah disepakati.
Unsur didalam administrasi ada dua yaitu bersifat secara statis dan secara dinamis. Bahwa managemen merupakan bagian dari administrasi. Managemen merupakan rangkaian penataan atau penggerakan tenaga dan fasilitas kerja agar tujuan kerjasama dapat tercapai. Dengan demikian managemen merupakan pelaksanaan utama administrasi atau sebagai inti dari kegiatan administrasi.
Daftar Rujukan
Tim Dosen UPI, 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar