Total Tayangan Halaman

Senin, 01 April 2013

Proses Perencanaan

PROSES PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN

Perencanaan dapat diartikan proses mendefinisikan tujuan dengan membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen. Menurut Guruge (1972)
Perencanaan Pendidikan adalah proses mempersiapkan kegiatan di masa depan dalam bidang pembangunan pendidikan
Menurut George R. Terry
Perencanaan adalah: “planning is the selecting and relating of fact and the making and using of assumption regarding the future in the visualization and formulating of proposed activities believed necessary to achieve desired result”.
Definisi Perencanaan Pendidikan adalah suatu proses intelektual yang berkesinambungan dalam menganalisis, merumuskan, dan menimbang serta memutuskan dengan keputusan yang diambil harus mempunyai konsistensi (taat asas) internal yang berhubungan secara sistematis dengan keputusan-keputusan lain.
Perencanaan pendidikan ditentukan oleh cara, sifat, dan proses pengambilan keputusan, sehingga banyak komponen yang ikut berperan.
Pada intinya perencanaan menurut Agung Wijaya adalah upaya untuk memetakan sesuatu yang  ingin dicapai oleh sebuah organisasi atau individu agar dapat diwujudkan melalui rumusan rencana yang matang dan sudah terkonsep.

Proses perencanaan, terdiri dari :
• Menentukan tujuan perencanaan
• Menentukan tindakan untuk mencapai tujuan
• Mengembangkn dasar pemikiran kondisi mendatang
• Mengidentifikasi cara untuk mencapai tujuan
• Mengimplementasi rencana tindakan dan mengevaluasi hasilnya

Langkah-langkah dasar Manajemen:
1Proses perencanaan atau planning adalah meliputi gagasan bahwa manajemen mengantisipasi berbagai kondisi seperti peluang dan kendala di masa depan, dan berusaha menetapkan lebih dulu apa yang harus mereka lakukan dan apa yang akan mereka capai.
2Proses pengorganisasian berarti menempatkan orang dan prasarana serta sarana dan sumberdaya dalam suatu tata-hubungan yang kondusif untuk bekerja sama menuju sasaran bersama.
3Proses pelaksanaan meliputi pemberian arahan, perintah kerja, dorongan dan motivasi kerja, serta pemecahan masalah.
4Proses pengendalian  dilakukan dengan pengamatan, mencermati laporan, dan melakukan inspeksi supaya pekerjaan di semua bagian sesuai dengan persyaratan kualitas dan ketentuan rencana hasil, dan sesuai dengan anggaran biaya.



DAFTAR RUJUKAN
Handoko, T, Hari. 1984. Manajemen Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Effendi, A.R, dkk. 1994. Administrasi Pendidikan. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Fakultas ilmu Pendidikan IKIP Malang.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Stefanus. 2012. Proses Perencanaan Manajemen, (Online),             (http://wstefanus.wordpress.com/), diakses pada 08 Februari             2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar