Total Tayangan Halaman

Senin, 01 April 2013

Visi, Misi Lembaga

Pengembangan Visi, Misi, Tujuan, dan Target Kelembagaan

Perumusan Visi
            Kata visi berasal dari Bahasa Inggris vision yang artinya pandangan ke depan. Sedangkan visi adalah suatu gambaran dan harapan masa depan yang diimpikan atau diinginkan suatu lembaga agar tetap eksis, berkembang, dan terjaga kelangsungannya (sustainability). Landasan yuridis misalnya UUD1945, UU No. 2 Tahun 1989, Peraturan Pemerintah.
            Rumusan visi akan menjadi dasar bagi perumusan misi lembaga, yang menjadi dasar perumusan tujuan, dan akan menjadi dasar perumusan sasaran target yang ingin dicapai.

PERUMUSAN MISI LEMBAGA 
Misi adalah tugas, kewajiban dan atau rencana tindakan umum yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan visi suatu lembaga. Selain itu misi juga diartikan jalan pilihan lembaga pendidikan bagi peserta didik/ masyarakatnya.
Beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dalam perumusan misi :
  1. Kemampuan lembaga untuk melaksanakannya.
  2. Tersedianya personal pengemban misi.
  3. Adanya dukungan dari personel lembaga.
  4. Tersedianya sumber daya yang dapat menopang pelaksanaannya.
  5. Adanya komitmen bersama untuk merealisasikannya.
  6. Fisibilitas dalam pelaksanaan.
  7. Memperhatikan aspek budaya, iklim, dan semangat mewujudkannya
Kemampuan lembaga untuk mengelola pendidikan akan sangat mempengaruhi kelangsungan dan perkembangan lembaga tersebut.

PERUMUSAN TUJUAN LEMBAGA
            Tujuan lembaga merupakan penjabaran lebih lanjut dari misi lembaga. Jika visi dan misi ingin dicapai dalam kurun waktu 10 tahun, maka tujuan lembaga ini dapat dirumuskan untuk dicapai dalam kurun waktu misalnya 4 tahun mendatang.
            Dalam perjalanan mewujudkan visi, lembaga pendidikan membutujkan core values,  yaitu nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh setiap lembaga pendidikan dalam perjalanan mewujudkan visi. Tujuan ini adalah tindak lanjut dari penjabaran sebuah misi. Tujuan yang dapat diukur disebut target.

MENENTUKAN TARGET/SASARAN
            Target adalah tujuan operasional yang dapat diukur tingkat keberhasilannya.target disusun berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi lembaga pendidikan.

LANGKAH PERUMUSAN PARTISIPATIF
            Perumusan visi, misi, tujuan dan target lembaga harus melibatkan semua perwakilan warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya (stakeholders).
            Paritisiasi ini melibatkan dalam tatap muka, dapat juga tidak langsung melalui pengisian angket yang disebarkan oleh pihak sekolah.
Oleh sebab itu masyartakat harus menyambut baik apabila sekolah telah melibatkan  baik langsung maupun tidak langsung.

DAFTAR RUJUKAN
Soetopo, Hendyat. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah & Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Soni. 2010. Pengambangan Visi, Misi, Tujuan Sekolah, (Online),     (http://wstefanus.wordpress.com/), diakses pada 25 Januari 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar